Untitled Document
Heriyanto Lim
 
 
Untitled Document
Personal website STAB Negeri Sriwijaya >> Heriyanto Lim   |   
 
 
     
 
Artikel
 
 
Pest Analysis sebagai Strategi Peningkatan Pelayanan Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha
08-12-2016 | dibaca 154 X

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana PEST analysis sebagai strategi peningkatan pelayanan Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha (PTKB). Penelitian berfokus pada analisis faktor eksternal yang mempengaruhi PTKB ditinjau dari faktor politik/hukum, ekonomi, sosial, dan teknologi untuk selanjutnya menentukan langkah-langkah strategis guna peningkatan pelayanan.

Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan eksploratif. Subjek penelitian terdiri dari masyarakat yang terlibat berbagai kegiatan perguruan tinggi, dosen, mahasiswa, serta para pemegang kebijakan manajemen perguruan tinggi. Ketua senat, ketua sekolah tinggi, wakil ketua, kepala pusat, serta kepala unit pada PTKB menjadi subjek penelitian. Objek penelitian meliputi berbagai faktor eksternal organisasi yang mempengaruhi perguruan tinggi ditinjau dari faktor politik, ekonomi, sosial, dan teknologi. Penelitian dilakukan pada PTKB di Indonesia baik negeri maupun swasta. Analisis data kualitatif penelitian menggunakan model miles and huberman. Untuk melakukan analisis lingkungan eksternal menggunakan PEST Analysis. Analisis rantai nilai (Value Chain Analysis) digunakan untuk menentukan proses utama dan pendukung sebuah perguruan tinggi. Metode pengumpulan data melalui wawancara, obsercasi, dan dokumentasi. Data skunder hasil dokumentasi menjadi data penting dalam penelitian untuk mencari faktor eksternal makro PTKB.

Hasil penelitian menunjukan strategi peningkatan pelayanan PTKB melalui pendidikan dan pengajaran seperti restrukturisasi dan manajemen kurikulum, adopsi teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat, forum dan diskusi ilmiah antar PTKB, program beasiswa dan bantuan pendidikan, Kerjasama antar PTKB, Pembinaan kerukunan antar umat beragama, penerapkan metode, model, strategi, dan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mahasiswa, peningkatan kualifikasi dosen, dan keterlibatan masyarakat dalam proses pembelajaran. Strategi dalam bidang penelitian dilakukan dengan memberikan kontribusi nyata penelitian ilmiah dan pengabdian masyarakat berbasis kebutuhan dan pemberdayaan. Strategi bidang pengabdian masyarakat terdiri dari memenuhi dimensi sosial perguruan tinggi dan pelatihan, bimbingan, pengabdian dosen berkaitan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Strategi bidang pendukung dalam PTKB seperti pendanaan melalui perencanaan sesuai kebutuhan berbasis program, update informasi berbagai peraturan dan kebijakan berkaitan dengan pendidikan dan PTKB, peran maksimal kinerja divisi atau bagian kepegawaian PTKB dalam tugas dan fungsi, studi lanjut dosen dan tenaga kependidikan, penerimaan pegawai, koordinasi yang baik PTKB dengan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha, membentuk SDM dan divisi manajemen sistem informasi dan pangkalan data. Strategi pada proses pendukung PTKB juga dilakukan melalui peningkatan sarana prasarana teknologi dan sosialisasi, promosi, serta publikasi PTKB secara berkelanjutan.

PEST Analysis, Value Chain Analysis, Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha

 
 
     
Buku Tamu / Testimoni
 
 
 
 
   
 
Artikel
 
   
   
 
   
 
Berita
 
 
   
Untitled Document
Ada yang bisa saya bantu
 
     
Untitled Document
Pengunjung Online : 1 Total
: 3839
All Right Reserved ©STABN SRIWIJAYA